Kemendikbud Akan Terapkan Sistem Zonasi Untuk Guru Baik Negeri Maupun Swasta

Infokemdikbud.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana menerapkan sistem zonasi sebagai rujukan untuk memeratakan guru di Indonesia. Sehingga nantinya selain zonasi untuk siswa, pemerintah juga akan menerapkan zonasi untuk guru yang berstatus PNS.

Rencananya, pada pertengahan Oktober 2018 ini Mendikbud Muhadjir Effendy akan berdialog dengan seluruh dinas-dinas pendidikan untuk membahas rencana tersebut.



“Kita sudah punya peta kasar, peta awal, tentang zonasi di masing-masing kota. Nanti kita akan petakan, kita konfirmasi dengan kabupaten/kota, ini cocok atau belum? Sehingga nanti akan ada penyesuaian karena mereka yang lebih tahu detail di lapangan,” kata Muhadjir di Gedung A Kemendikbud, Rabu (29/8).

Setelah adanya pemetaan berdasarkan zona tersebut, kata dia, maka akan ada mutasi atau redistribusi guru. Sehingga guru-guru PNS tersebar dan tidak menumpuk di salah satu sekolah di daerah tertentu saja. Karena di satu sekolah harus terdiri dari empat kategori guru yaitu guru negeri yang sudah tersertifikat, guru negeri belum tersertifikat, guru tidak tetap (honorer) tetapi sudah tersertifikat dan guru tidak tetap belum tersertifikat.

“Jadi itu harus merata disemua sekolah. Tdak boleh ada sekolah yang isinya PNS semua tapi ada sekolah yang lain PNS-nya hanya 1 yaitu kepsek. Daerah tidak boleh lagi melakukan itu,” tegas Muhadjir.

Dia menambahkan, aturan zonasi guru akan berlaku di sekolah negeri dan juga sekolah swasta. Karena hal tersebut, kata Muhadjir, sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk mempercepat pemerataan dan kualitas pendidikan di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga:
  1. Kemendikbud Akan Terapkan Sistem Zonasi Untuk Guru Baik Negeri Maupun Swasta
  2. Alhamdulillah Guru Honorer Dapat Insentif Rp 500 ribu Per Bulan
  3. Kebijakan Sertifikasi Kedua Agar Guru Sejahtera, Simak Persyaratan Mengikutinya
  4. Deputi Menko PMK : Guru Honorer Yang Punya Sertifikasi Yang Berhak Diangkat CPNS
  5. Sri Mulyani: Sertifikasi Guru Hanya untuk Dapat Tunjangan, Tidak Berbanding Lurus Dengan Kualitas
  6. Siap-Siap Kebijakan Rotasi Guru dan Kepala Sekolah akan Diterapkan Tahun Ini, Baik antar Daerah Maupun Provinsi
  7. Kepala Dinas Bersyukur, Tunjangan Profesi Guru Naik 1600 Persen

Sumber : republika

Demikian informasi yang dapat infokemdikbud.com berikan, Semoga ada manfaatnya untuk kta semua...........

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Kemendikbud Akan Terapkan Sistem Zonasi Untuk Guru Baik Negeri Maupun Swasta"

Unknown mengatakan...

Mudah-mudahan cepat terlaksa sistem zonasi ini. Jd kmi tdk kekurangan guru lagi, sekolah kami hanya 2 org guru yg pns...

Unknown mengatakan...

Maksudnya sistem zonasi ini apa sesuai dgn domisili guru yg bersangkutankah??

Antonius Sukoco mengatakan...

met pagi. jangan lupa untuk guru mata pelajaran kepercayaan tdp Tuhan YME belum ada kopensasi dari mereka pak. mohon segera didata dan diberikan kopensasi. terima kasih

Posting Komentar