Sri Mulyani: Murid Les di Guru Pasti Dapat Nilai A, Itu Korupsi !!!

Infokemdikbud.com -  Guru memegang peran penting dalam dunia pendidikan, bukan hanya soal pengetahuan tetapi juga dalam mencerminkan nilai-nilai baik kepada siswa. Oleh sebab itu, diperlukan tenaga pendidik dengan kualitas dan integritas yang baik.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dihadapan ratusan guru, dalam acara Dialog Publik Pendidikan Nasional dan Halal Bihalal.

"Bapak, ibu (guru) membentuk nilai pertama dan paling penting. Kalau siswa di kelas lihat sikap bapak dan ibu, maka itu dianggap sikap mewakili rakyat Indonesia. Dari cara menyapa, mengajar, memberi tahu, sampai cara menilai murid," ujarnya di Gedung Guru Indonesia, Jakarta, Selasa (10/7/2018).



Salah satu yang menjadi catatan Sri Mulyani, yakni soal pemberian nilai kepada siswa dengan pembelajaran tambahan di luar jam sekolah atau les. Di mana guru memberikan nilai tinggi pada siswa tersebut. Hal ini tegaskan Ani, sapaan akrabnya, sebagai bentuk tindakan korupsi yang dilakukan oleh guru.

"Soal kalau murid les sama saya, pasti dapat nilai A, itu berarti sudah korupsi. Sama seperti kalau sama Menteri Keunagan mengatakan, pengusaha kalau kamu baik-baik sama saya, kamu bayar pajaknya saya turunin. Itu korupsi, merugikan negara. Kalau di guru korupsinya ya kayak gitu (dengan les)," tukasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, menekankan integritas menjadi hal yang sangat penting dalam pendidikan. Nilai itu juga yang selalu ditanamkan oleh mendiang orang tuanya, Prof Satmoko, yang pernah menjabat sebagai Rektor dan Prof Retno Sri Ningsih sebagai dosen di IKIP Semarang atau kini Unversitas Semarang (Unnes).

"Integritas itu nilai yang tidak diperjualbelikan. Orang tua saya mendidik kami semua seperti itu. Orang tua saya, sangat konsen pada pendidikan. Karena itu (integritas) fondasi awal Ibu Bapak semua membangun watak rakyat Indonesia," katanya.

Baca Juga :
  1. Kemendikbud Akan Terapkan Sistem Zonasi Untuk Guru Baik Negeri Maupun Swasta
  2. Alhamdulillah Guru Honorer Dapat Insentif Rp 500 ribu Per Bulan
  3. Kebijakan Sertifikasi Kedua Agar Guru Sejahtera, Simak Persyaratan Mengikutinya
  4. Deputi Menko PMK : Guru Honorer Yang Punya Sertifikasi Yang Berhak Diangkat CPNS
  5. Sri Mulyani: Sertifikasi Guru Hanya untuk Dapat Tunjangan, Tidak Berbanding Lurus Dengan Kualitas
  6. Siap-Siap Kebijakan Rotasi Guru dan Kepala Sekolah akan Diterapkan Tahun Ini, Baik antar Daerah Maupun Provinsi
  7. Kepala Dinas Bersyukur, Tunjangan Profesi Guru Naik 1600 Persen
  8. Fakta-Fakta Skema Baru Pensiun PNS, Nomor 4 Bikin Senyum-Senyum, 2020 Pensiunan PNS Lebih Sejahtera

Menurutnya, dengan sifat pendidik yang suka permisif terhadap pelanggaran-pelaanggaran, maka tak heran bila Indonesia sulit untuk maju. "Jadi anda enggak boleh komplain kemudian, kalau bangsa ini sulit untuk bisa maju. Oleh karena itu, saya ingin mengajak PGRI untuk membangun pendidikan Indonesia," ujarnya.

Sumber : okezone

Demikian informasi yang dapat infokemdikbud.com berikan, Semoga ada manfaatnya untu kita semua............

Loading...

1 Response to "Sri Mulyani: Murid Les di Guru Pasti Dapat Nilai A, Itu Korupsi !!!"

Ribka Manuhunga mengatakan...

Kalau memang anak nya pantas dapat A mengapa tidak... bukan krn sdh leh ke guru tersehut.. tp krn nilainya memang A.

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel